Anda di sini
Home > Artikel > 9 Cara Memasang Wallpaper Dinding Rumah

9 Cara Memasang Wallpaper Dinding Rumah

9 Cara Memasang Wallpaper Dinding Rumah

Cara praktis untuk mempercantik rumah adalah dengan memasang Wallpaper dinding. Wallpaper dinding merupakan lapisan dinding yang membuat dinding rumah memiliki motif-motif cantik menawan. Wallpaper dinding juga tersedia dalam banyak sekali motif, sesuai gaya interior rumah Anda. Ya, Wallpaper dinding memang cantik. Untuk menjadikan dinding terlihat berbeda atau memiliki focal point, permainan wallpaper dinding memang tepat. Merancangnya sendiri pun tidak sulit.

Peralatan

Siapkan peralatan yang diperlukan, seperti alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper dinding, bak untuk adukan lem (2 buah), spons, kuas lem, roller,amplas, dan kape untuk meratakan dinding.

Bersihkan ruangan

Bersihkan ruang di sekitar dinding yang akan dipasangi Wallpaper dinding. Jika dinding yang akan dipasangi adalah semua sisi di ruangan tersebut, maka ada baiknya kalau Anda memindahkan sejenak seluruh perabotan ke ruangan lain yang aman. Dengan ruangan yang bersih dan lapang, pemasangan Wallpaper dinding akan lebih cepat dan mudah.

Pengukuran

Ukur panjang dan lebar bidang yang akan dilapisi wallpaper dinding. Sesuaikan lebar bidang dengan lebar wallpaper dinding. Lebihkan kira-kira 1 sampai 1,5 sentimeter untuk bagian sambungan

Memotong Wallpaper dinding

Potong panjang wallpaper dinding menjadi panel-panel, namun disesuaikan dengan kebutuhan. Lihat petunjuk pemasangan pada kertas keterangan di setiap kemasan yang menjelaskan cara menyerasikan motif antarpanel atau potongan wallpaper dinding.

Siapkan lemnya

Setelah bidang dinding atau permukaan siap, campur lem dengan air. Buatlah dalam dua bak terpisah, yaitu lem untuk bagian sambungan dan lem untuk keseluruhan. Lem bagian sambungan lebih kental, sehingga daya rekatnya lebih tinggi.

Sapukan lemnya

Siapkan Wallpaper dinding yang sudah dipotong-potong di atas meja panjang atau di atas lantai yang sudah dilapisi plastik bersih tadi. Sapukan lem yang sudah Anda siapkan pada Wallpaper dinding pertama. Jangan sampai terlalu basah, karena akan mengakibatkan gelembung atau permukaan tidak rata. Sapukan lem dengan hati-hati. Di bagian tepi yang berbatasan dengan sudut dinding, sapukan adonan lem yang lebih kental tadi. Lakukan pemulasan lem ini dengan menggunakan roller. Tapi jika tidak ada, Anda boleh menggunakan kuas. Tapi usahakan agar lem benar-benar merata.

Menempel

Siapkan tangga A di dekat dinding. Rekatkan Wallpaper dinding ke dinding dengan sangat hati-hati. Ikuti petunjuk atau tanda pensil yang tadi sudah dibuat. Tempelkan perlahan-lahan sambil diratakan dan direkatkan dengan penggaris mika.

Sambungan

Pada bagian sambungan, gunakan lem yang lebih kental. Sapukan dengan kuas khusus pada bagian ini. Ratakan wallpaper dinding yang telah terpasang dengan penggaris akrilik. Potong sisa wallpaper dinding dengan cutter. Gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem. Proses ini juga berfungsi untuk meratakan wallpaper dinding.

Cek kerapiannya

Apakah sudah benar-benar rapi? Apakah sudah rata tanpa ada kerutan atau gelombang? Apakah masih ada sisa lem sambungan yang terlihat? Bereskan semua masalah kerapian tersebut, Anda dinding Anda benar-benar terlihat menawan dan rapi. Potong bagian yang berlebih di bagian atas, samping, maupun bawah dinding yang terdapat sisa Wallpaper dinding.

Selamat Mencoba.

 

 


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
WhatsApp