Anda di sini
Home > Artikel > Kasus Baru Ditemukan Di Indonesia, Berikut Tanda dan Gejala Varian Corona Delta Plus

Kasus Baru Ditemukan Di Indonesia, Berikut Tanda dan Gejala Varian Corona Delta Plus

Kasus Baru Ditemukan Di Indonesia, Berikut Tanda dan Gejala Varian Corona Delta Plus

Varian Covid-19 Delta Plus atau AY.1 telah terdeteksi di Indonesia. Varian Delta plus adalah turunan dari varian Delta, dengan satu-satunya perbedaan yang diketahui adalah mutasi tambahan, K417N, pada protein lonjakan virus.

Protein ini memungkinkannya menginfeksi sel-sel sehat.Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, tiga kasus varian Delta Plus terdeteksi di dua provinsi, yaitu Jambi dan Sulawesi Barat. Ketiga pasien itu kini telah dinyatakan sembuh.

Apa saja gejala terinfeksi virus corona varian Delta?

Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman menyebut gejala corona varian delta plus kemungkinan tak berbeda dengan varian lain Covid-19 yang lebih dulu terdeteksi.

Gejala parah dari varian ini mungkin termasuk sesak napas dan sakit perut. Pasien Covid-19 dengan varian Delta plus juga dapat merasakan gejala ruam kulit, perubahan warna jari kaki, sakit tenggorokan, anosmia, dan sakit kepala.

Diketahui, kasus yang melibatkan varian Delta plus telah dilaporkan di 11 negara, termasuk Amerika Serikat. Inggris pertama kali menyatakan Delta plus sebagai “variant of concern” pada 11 Juni 2021 dan diikuti oleh India pada 22 Juni 2021. Namun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian ini hanya menyumbang sebagian kecil kasus.

“Delta dan varian lain yang menjadi perhatian tetap menjadi risiko kesehatan masyarakat yang lebih tinggi, karena mereka telah menunjukkan peningkatan penularan,” kata WHO, dikutip dari Medical News Today.

Kendati demikian, sejauh ini belum ada studi yang berkaitan varian delta plus ini.

Pakar kesehatan masyarakat dari Universitas Indonesia, Budi Haryanto menambahkan tak bisa memprediksi sejauh apa kondisi yang dialami pasien saat terpapar varian delta plus ini.

Oleh karena itu, dia mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga kondisi tubuh dan waspada agar tidak terpapar Covid-19, termasuk corona varian delta plus.

“Kalau gejala belum bisa dibedakan. Yang penting pencegahannya, disiplin dan tegas, kasus bisa ditekan dan menurun,” kata Budi.


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
Open chat
1
Nirwana Deco Jogja Pusat Dekorasi Interior terlengkap di Jogja seperti: Gordyn / Gorden, Wallpaper Dinding, Karpet, Vinyl, Furniture, Roman Shade, dll.... Mau Tanya Tanya Tentang Kami Kasus Baru Ditemukan Di Indonesia, Berikut Tanda dan Gejala Varian Corona Delta Plus
Hubungi Kami Segera Kasus Baru Ditemukan Di Indonesia, Berikut Tanda dan Gejala Varian Corona Delta Plus https://wallpapergordyn.com/kasus-baru-ditemukan-di-indonesia-berikut-tanda-dan-gejala-varian-corona-delta-plus-2
WhatsApp