Anda di sini
Home > Tips > Panduan Memilih Vinyl Yang Tepat

Panduan Memilih Vinyl Yang Tepat

Panduan Memilih Vinyl Yang Tepat

Panduan Memilih Vinyl Yang Tepat

Lantai vinyl merupakan salah satu material alternatif dari lantai keramik. Karakteristik lantai ini yaitu permukaannya terasa lembut di kaki sehingga menciptakan perasaan yang nyaman. Pilihan desainnya pun sangat banyak, mulai dari yang bergaya natural hingga modern dan futuristik. Karena terbuat dari PVC (Polyvinyl Chloride), lantai ini termasuk awet dan tahan lama.

Pemilihan lantai vinyl ada baiknya harus berdasarkan pada desain interior yang ingin dibuat. Apakah Anda hendak merancang interior yang bergaya minimalis, modern, klasik, elegan, atau alami? Semuanya perlu disesuaikan dengan selera Anda pribadi dan tidak boleh keluar dari rencana awal tersebut.

Lantai vinyl merupakan material yang terdiri dari tiga lapisan utama yaitu compact layer, glass fiber dan printing layer. Lapisan paling luar adalah UV Coated Wear Layer. Lapisan ini memberikan kesan mengkilap dan terkesan licin. Umumnya material vinyl tersedia dalam ketebalan 2 mm tetapi ada juga tipe atau merek tertentu yang mempunyai tebal lebih tipis (misal 1,6 mm, 1,8 mm) atau lebih tebal (misal 2,5 mm, 2,8 mm, 3,0 mm).

Beberapa alasan mengapa menggunakan lantai vinyl, diantaranya :

  1. Material lantai vinyl bersifat elastis, ringan dan dapat meredam suara.
  2. Material lantai vinyl mempunyai ketahanan yang baik, kuat dan tidak mudah robek.
  3. Ruangan terkesan lebih bersih, karena lantai vinyl umumnya tidak menggunakan nat dan plintnya berbentuk kurva, sehingga meminimalisir debu yang bersarang di nat lantai maupun sudut ruangan.
  4. Karena aplikasinya hanya ditempel, maka proses pemasangannya termasuk mudah, selain itu jika bosan dengan motifnya juga tidak sulit untuk dibongkar pasang dengan yang baru.

Ada beberapa hal untuk Anda pertimbangkan sebelum Anda menentukan pilihan :

Ketebalan

Ketebalan lantai vinyl sangat lembut dan hangat, ini akan terasa di telapak kaki jika Anda menggunakan vinyl, terutama bila dibandingkan dengan lantai berbahan ubin. Pilihan ketebalan vinyl dimulai dari 1 mm sampai dengan 4.5 mm. Lantai yang tebal juga memiliki fungsi untuk mengisolasi suara yang lebih baik,  sehingga vinyl sangat cocok untuk ruang anak karena dapat meredam suara saat anak-anak sedang bermain.

Ketahanan Slip

Sebagian besar produk vinyl sudah dilengkapi dengan lapisan anti-slip, sehingga memudahkan Anda untuk mecari produk vinyl yang tidak licin. Atau, dapat ditambahkan karpet pada lantai baru Anda.

Cara Pemasangan

Pemasangan vinyl dilakukan setelah proses screed perataan lantai dalam keadaan keras, kering dan tidak lembab,  rata dan tidak bergelombang.

Perawatan

Perawatan lantai vinyl terbilang cukup mudah, hanya perlu dibersihkan dari debu dengan cara dipel setiap hari dengan air bersih atau menggunakan vacuum cleaner. Selain itu jika permukaan lantai kotor perlu dipoles ulang dengan obat polish khusus sebulan sekali, tetapi untuk kondisi normal cukup tiga bulan sekali.

Kualitas

Lantai vinyl yang ukurannya lebih tebal tidak menjamin kalau memiliki mutu yang lebih bagus. Alangkah baiknya jika Anda memperhatikan siapa pembuat produk lantai vinyl tersebut.

 

Semoga Bermanfaat,


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
WhatsApp