Anda di sini
Home > Tips > Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tahan Lama

Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tahan Lama

Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tahan Lama

Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tahan Lama

Lantai kayu memilki keunggulan tersendiri ketika digunakan sebagai lantai dalam rumah bergaya minimalis maupun kontemporer. Selain memberi kesan klasik, lantai kayu yang terbuat dari perkamen, parket, maupun kayu jenis tertentu akan memberikan kesan mewah yang berbeda dari penggunaan lantai keramik. Namun demikian, penggunaan lantai kayu umumnya membutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati agar nantinya lantai tetap tahan lama dan tidak mudah tergores. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk merawat lantai kayu agar tetap terlihat bersih dan tahan lama.

Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tahan Lama

Bersihkan rutin

Selain menggunakan cat pelapis, Anda tetap harus membersihkan secara rutin lantai kayu agar terlihat bersih dan bebas dari debu. Anda bisa menggunakan sapu yang memiliki bahan lembut dan alat pel kain yang serabutnya tipis. Namun demikian, jika Anda tidak ingin menggunakan pel basah, Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan sudut-sudut lantai kayu yang kotor.

Gunakan cat pelapis khusus kayu

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan cat pelapis (epoxy) khusus untuk kayu. Anda bisa menggunakan pledge atau cairan lain yang dilapiskan pada permukaan lantai kayu setiap dua tahun sekali. Jika Anda tidak bisa melakukan teknik pelapisan sendiri, Anda bisa menggunakan jasa dari tukang coating yang paham dengan kondisi lantai kayu di rumah Anda. Dengan teknik coating yang sesuai, lantai kayu akan selalu terlihat mengkilap dan tahan terhadap gangguan lingkungan seperti tekanan benda berat maupun kelembaban udara ruangan.

Beri landasan karet pada furniture berat

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat lantai kayu tetap aman dan tahan lama adalah memberi landasan karet pada furniture berat yang ada dalam ruangan tersebut. Landasan karet yang direkatkan pada kaki meja, almari, atau kursi akan mengurangi tekanan yang diberikan pada lantai, sehingga kayu yang dipakai akan terhindar dari goresan maupun keretakan.

Menjaga ruangan agar tidak lembab

Setiap pemilik rumah yang memiliki lantai kayu, perlu memahami bahwa lantai kayu sangat tidak kuat dengan kelembaban, karena hal tersebut akan membuat warna lantai menjadi pudar, kusam, dan retak. Oleh karena itu, pastikan lantai kayu yang dimiliki dirawat dengan teknik steam setiap 6 bulan sekali. Selain itu, lantai kayu juga bisa diberi lapisan cat anti rayap.

 

 


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
WhatsApp