Anda di sini
Home > Artikel > Update : Kasus Penyelundupan Anjing Di Kulonprogo Untuk Di Konsumsi Segera Disidang

Update : Kasus Penyelundupan Anjing Di Kulonprogo Untuk Di Konsumsi Segera Disidang

Update : Kasus Penyelundupan Anjing Di Kulonprogo Untuk Di Konsumsi Segera Disidang

Masih ingat dengan kasus penyelundupan puluhan ekor anjing yang digagalkan di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Mei 2021 lalu? Informasi terbaru, tersangka atas kasus tersebut akan segera dimejahijaukan.

Wilayah Kulon Progo menjadi yang pertama yang akan menyidangkan kasus perdagangan anjing konsumsi. Kasus tersebut merupakan tindaklanjut atas penangkapan percobaan penyelundupan anjing dari Garut ke Solo yang digagalkan pada Mei 2021 lalu.

Untuk diketahui, anjing ditetapkan sebagai hewan non-pangan, tetapi perdagangan daging anjing untuk konsumsi masih marak terjadi. Ironisnya, banyak daerah yang belum berani bersikap tegas menerapkan larangan perdagangan daging anjing.

“Sudah P21, tapi belum tahap II (dilimpahkan ke pengadilan). Nunggu kesiapan Kejaksaan,” kata Kasubbag Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana saat dihubungi, Kamis (19/8).


Sebelumnya, penyidik Polres Kulon Progo menetapkan Sugiatno dan Suradi sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyelundupan 78 ekor anjing pada 6 Mei 2021 lalu.

Keduanya kedapatan membawa puluhan ekor anjing saat melintasi pos penyekatan mudik di Temon, Kulon Progo, DIY, Kamis (6/5) dini hari. Sugiatno merupakan warga Duren Sawit, Jakarta Timur. Sementara Suradi warga Sragen, Jawa Tengah.

Mereka kemudian diamankan lantaran tak mengantongi surat kesehatan hewan untuk puluhan ekor anjing yang mereka bawa itu. Sebagian besar masih dalam keadaan hidup serta sisanya sudah tidak bernyawa.

Hasil pemeriksaan kepolisian, diketahui anjing-anjing tersebut diambil dari daerah Garut, Jawa Barat. Rencananya dikirimkan dan dijual lagi di Kota Solo, Jawa Tengah. Anjing itu diduga untuk dijadikan bahan makanan.

Kedua tersangka itu terancam melanggar Pasal 89 ayat (2) jo Pasal 46 ayat (5), Pasal 59 ayat (3) dan Pasal 60 ayat (1) Undang Undang Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Ancaman hukuman pidana penjara paling singkat satu tahun paling lama lima tahun dan/atau denda paling sedikit 150 juta rupiah dan paling banyak 1 miliar Rupiah,” kata Jeffry.

Kepada polisi, kedua pelaku mengatakan anjing itu diambil dari Garut, Jawa Barat dan akan diantar ke Solo, Jawa Tengah untuk dijual sebagai bahan baku sengsu alias tongseng anjing.

Polisi menangkap mereka karena tidak bisa menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). Anjing yang masih hidup kemudian dititipkan ke rumah penitipan hewan.

Apabila Anda berminat dengan produk-produk Nirwana Deco Jogja, silakan datang langsung ke Alamat kami di:
Jalan Gajah Mada No.53, lempuyangan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Lihat di Google Maps

Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Bagi anda yang di Yogyakarta, pengiriman bisa menggunakan kurir kami, gojek atau grab. Bagi anda yang di luar Yogyakarta, jangan khawatir, kami bantu cari jasa ekspedisi yang termurah.

Bila anda berada di daerah Semarang, Pekalongan, Pati dan sekitarnya, silahkan kunjungi showroom kami di Nirwana Deco Semarang :

 

 

 

 

 

Serta kunjungi juga penyedia Produk Folding Gate dan Rolling Door terbaik serta terlengkap di Yogyakarta dan Semarang

Nirwana Group Yogyakarta

Alamat : Jl. Gajah Mada No.53, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55112

Website : https://pintulipatrolling.com/

 

 

 

 

Nirwana Group Semarang

Alamat : Jl. Wolter Monginsidi No.789 A, Tlogosari Wetan, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50196

Website : https://anekapintu.com/

 

 

 

 

Untuk update serta testimoni proyek pemasangan Folding Gate, Rolling Door, Pintu Lipat maupun Pintu Sliding anda bisa follow akun Instagram kami nirwana.grup.

 

 

 

Anda juga bisa follow akun Instagram nirwanadeco untuk update info menarik serta testimoni pemasangan Interior seperti Wallpaper, Gordyn, Karpet Vinyl, HPL dan sebagainya. Agar anda dapat selalu mengikuti perkembangan update produk terbaru dari kami.


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
Open chat
1
Nirwana Deco Jogja Pusat Dekorasi Interior terlengkap di Jogja seperti: Gordyn / Gorden, Wallpaper Dinding, Karpet, Vinyl, Furniture, Roman Shade, dll.... Mau Tanya Tanya Tentang Kami Update : Kasus Penyelundupan Anjing Di Kulonprogo Untuk Di Konsumsi Segera Disidang
Hubungi Kami Segera Update : Kasus Penyelundupan Anjing Di Kulonprogo Untuk Di Konsumsi Segera Disidang https://wallpapergordyn.com/update-kasus-penyelundupan-anjing-di-kulonprogo-untuk-di-konsumsi-segera-disidang
WhatsApp